Announcement‎ > ‎

Ujian Akhir dan Closing Ceremony Program Matrikulasi Bahasa Tahun 2017

posted May 13, 2018, 8:31 PM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado   [ updated May 13, 2018, 8:31 PM ]
Setelah pelaksanaan tes akhir sertifikasi Program Matrikulasi Bahasa Tahun 2017 yang diikuti oleh 143 mahasiswa yang
memenuhi persyaratan kehadiran terlaksana dengan baik pada tanggal 28 dan 29 April 2018, para mahasiswa yang dinyatakan lulus (128 orang) merayakan kelulusan mereka dalam acara Wisuda dan Closing Ceremony yang bertempat di Rumah Alam, Kawasan Ring Road I, Kota Manado pada tanggal 5 Mei 2018.

Album Kegiatan Program Matrikulasi Bahasa 2017 dapat dilihat di SINI.

Acara ini dihadiri juga oleh para tutor bahasa Arab dan Inggris yang telah mendampingi pembelajaran para peserta Program Matrikulasi Bahasa sejak bulan September 2017 sampai Mei 2018.

Turut hadir dalam acara ini Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, M.Si, yang didampingi oleh Kepala Bagian Akademik IAIN Manado, Fany Zaman, S.Ag.

Acara registrasi tamu acara dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WITA.

Acara dimulai pada pukul 10.05 WITA sampai dengan 12.00 WITA.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Manado mengucapkan selamat kepada para wisudawan Program Matrikulasi Bahasa Tahun
2017. Beliau menegaskan bahwa mahasiswa IAIN Manado harus mampu berbahasa Arab atau Inggris. Beliau juga kembali menegaskan bahwa sertifikat Matrikulasi Bahasa adalah syarat wajib bagi setiap mahasiswa untuk mengikuti ujian komprehensif. Artinya, tanpa mengantongi sertifikat Program Matrikulasi Bahasa dari UPB IAIN Manado, seorang mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studiinya di IAIN Manado. Beliau juga menyinggung soal visi IAIN Manado menjadi perguruan tinggi Islam yang mampu bersaing pada tingkat internasionanl di tahun 2035. "Bagaimana kita akan mampu menerjemahkan visi ini, kalau mahasiswa, dosen, dan staf kita tidak mampu berbahasa Inggris atau Arab?"

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Unit Bahasa IAIN Manado, Sulaiman Mappiase, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Program Matrikulasi Bahasa Tahun 2017. Beliau juga secara khususnya menyampaikan terima kasih atas dukungan Rektor IAIN Manado atas kebijakan penguatan posisi UPB dalam sektor pembelajaran bahasa di IAIN Manado. Harapan beliau, kalau dalam dua tahun terakhir perhatian UPB terfokus pada mahasiswa baru, di tahun-tahun mendatang Rektor dapat mendesain struktur baru sumber daya manusia di UPB lewat kebijakan sentralisasi pengembangan materi, kurikulum dan pembelajaran bahasa di UPB. Kebijkan ini, diharapkan, diikuti dengan pengkonsentrasian para tenaga dosen bahaha di UPB IAIN Manado.

Setelah acara seremonial Wisuda dan Closing Ceremony berakhir pada pukul 12.00 WITA, para peserta acara istirahat makan
siang dan sholat Dhuhur. Pukul 13.00, acara dilanjutkan dengan kegiatan games untuk mengasah kemampuan mahasiswa bekerja dalam tim. Game-gema yang dimainkan seperti membawa kelereng dengan sendok di mulut dan game ganti sarung. Game-game ini memerlukan kerja tim yang kompak.

Pukul 15.00, acara game ditutup dengan foto bersama sebelum peserta menjalankan sholat Ashar.

Setelah sholat Ashar, panitia berkemas membereskan barang-barang, lalu mempersilahkan para peserta untuk mengekplor keindahan Rumah Alam masing-masing.

Album Kegiatan Program Matrikulasi Bahasa 2017 dapat dilihat di SINI.